dua kuntum mawar dari bukit zamrud

dua kuntum mawar dari bukit zamrud

Sabtu, 29 Desember 2012

Menggapai Dunia Untuk Bekal Akherat

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam-, Abu Bakr, Umar dan Utsman adalah contoh beberapa wirausaha dan saudagar yang berhasil pada waktu itu. mereka adalah para pekerja keras dan jujur, dan mereka termasuk bangsawan yang kaya raya. akan tetapi apakah mereka hanya berhenti sampai disitu dengan menikmati kekayaannnya saja? tidak.

Mereka mencari dunia (harta) dan mendapatkannya, akan tetapi mereka menjadikannya sebagai bekal mereka di akherat. kekayaan Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- yang begitu banyak itu beliau gunakan untuk berdakwah menyebarkan Islam. Abu Bakr dengan kekayaan yang begitu melimpah tidak hanya dinikmati sendiri, akan tetapi di sumbangkan dijalan Allah, diantara kisah paling terkenalnya adalah ketika Abu Bakr membeli Bilal (ketika itu sebagai budak yang telah masuk Islam) dan kemudian memerdekannya.

Umar sering meninfaqkan setengah dari keseluruhan hartanya dijalan Allah, bagitu juga Utsman. mereka adalah beberapa contoh bangsawan yang tidak terlena dengan kekayaan yang mereka miliki. akan tetapi mereka menjadikannya untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Sudah seharusnya bagi setiap pengusahan muslim atau seorang muslim yang sedang berusaha, janganlah mencaci dunia padahal diri kita membutuhkannya. akan tetapi raihlah dunia dan gunakan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar